if traveling were free, you would never see me again

Saturday 19 August 2017

Paris : Part 1


To be honest, Paris is not my favourite city. Perjalanan menuju Paris saya tempuh menggunakan train. Ada banyak sekali train dari kota - kota lain di Eropa yang memiliki tujuan ke Paris. Saya menggunakan train Thalys yang bisa di booking online di https://www.nsinternational.nl/en/trains/thalys , nanti masuk ke section find train ticket dan tinggal input kota keberangkatan dan kota kedatangan (Paris). Tiket ini sebisa mungkin booking dulu dan jauh - jauh hari karena harga bisa lebih murah dan hemat waktu jadi ga perlu antre di station. Kalau udah confirmed tiketnya, nanti tiket akan dikirim ke email kalian dan tinggal tunjukkan barcode yang ada di tiket tersebut saat pemeriksaan oleh petugas. Perhatikan juga kalau seat di train sudah include seat dan peron berapa, jadi supaya tidak salah duduk. Untuk train di Eropa second class rata - rata udah bagus banget tapi kalau kebanyakan uang boleh juga pilih first class. Tempat bagasi juga disediakan di atas jadi koper bisa ditaruh disini.

Tiket train ke Paris

Seat dan Penampakan dalam Kereta

Sampai di Paris akhirnya sampainya di Paris Gare du Nord station, stationnya gede banget plus Paris ini engga aman banget jadi super hati - hati setiap melangkah. Di Paris banyak banget copet dan harus super hati hati. Jadi beberapa tips supaya tidak mengundang adalah pakai tas yang aman, dikunci dan ditaruh di depan badan, jangan lengah setiap langkah, dan jangan kelihatan bingung walaupun memang tersesat hehehe. Harus tetep stay cool. Beruntung selama di Paris engga ada kejadian aneh dan berurusan dengan copet.

Transportasi di Paris

Selama di Paris, lebih banyak pakai metro. Alasannya lebih nyaman dan metro di Paris juga ekstensif dan menjangkau banyak tempat dan saking komplitnya pusing juga bacanya. Jadi baru kali ini akurasi naik metro cuman 80% ketepatannya, beberapa kali salah ambil line. Biasanya langsung go show aja. Untuk naik metro ada beberapa pilihan card yang harus diperhatikan. Beberapa pertanyaan yang harus kamu tahu adalah : kamu mau kemana aja ? berapa lama di Paris? sampai di Paris hari apa ? Lets see one by one.

Paris metro map ini akan dibagi menjadi 5 zona. Penting untuk mengerti zona karena ini menentukan apakah kartu kita berlaku apa tidak. Paris central atau pusat kota dimulai dengan zona 1, daerah yang lebih jauh masuk ke zona 2 dan paling jauh merupakan zona 5. Zona ini berbentuk sirkular. Beberapa tempat yang populer per zona yang perlu diinget adalah Paris central masuk ke zona 1 dan 2, Versailles dan Orly Airport adalah zona 4, CDG Airport dan Paris Disneyland masuk zona 5, Fontainbeleau masuk zona 5. Kalau mau lihat lengkap zona klik link ini http://parisbytrain.com/wp-content/uploads/2013/01/rer-transilien-train-zone-map.pdf


Paris metro terdiri dari 300 station dan dibagi menjadi metro dan RER. RER ditandain dengan line dengan kode huruf sedangkan metro line nya kode angka. Kenapa agak membingungkan, karena metro dan RER paris ini banyak jalur dan 1 station bisa intersection antara metro dan RER namun nanti exit stationnya akan keluar di jalan yang berbeda jika kita menggunakan metro dan jika pakai RER walaupun nama stationnya sama. Jadi harus choose wisely, kalau kepepet ya jalan karena exitnya tidak sesuai keinginan. Sebagai gambaran, Paris metro dan RER map petanya seperti di bawah ini namun ini belum lengkap karena line RER ada beberapa yang belum masuk. Tapi kalau untuk di kota Paris saja ini udah lebih dari cukup, kalau keluar zona 1 dan 2 harus lihat yang paling lengkap dan biasanya di setiap station akan ada peta ini dengan lengkap jadi gak perlu kuatir. Keluar metro dan RER di semua station di Paris, wajib inget satu kata petunjuk SORTIE. Cari tulisan ini dan itulah cara exit station. Jadi dari Indonesia udah tau dan prepare mencari kata SORTIE ini di setiap kesempatan naik metro di Paris untuk menemukan way out dari station. Jangan cari tulisan exit plis karena gak ada di petunjuknya. 


Untuk naik metro di Paris ada beberapa card yang bisa dipakai :
1. Single ticket atau t+ : tiket ini merupakan tiket single atau sekali pakai seharga 1,90 euro bisa dibeli di ticket machine di station dan khusus pada zona 1. 

2. Carnet (dibaca karnay) : ini merupakan kumpulan 10 single tiket dengan harga yang lebih murah yaitu 7,5 euro. Bisa dibeli di tiket machine dengan menggunakan uang euro (uang kertas atau uang koin)

3. Mobilis : mobilis ini merupakan day tiket metro bentuknya seperti gambar di bawah ini.  Tiket mobilis ini dibagi per zona, jadi kita harus tau tujuan kita ada di zona mana saja karena beda zona beda harga. Untuk mobilis tiket zona 1 dan 2 harganya 7,30 euro, untuk zona 1 - 3 harganya 9,7 euro, untuk zona 1 - 4 harganya 12 euro dan untuk zona 1 - 5 harganya 17,3 euro. Harga tersebut harga per hari jadi besoknya beli lagi karena sudah gak valid lagi. 




contoh tiket mobilis day ticket

4.  Paris Visite Card : setelah mempelajari beberapa review kebanyakan wisatawan akan direkomendasikan untuk membeli ini. Tapi justru setelah mempelajari kartu ini saya pribadi kurang setuju menggunakan ini.Paris visite card available dalam 3 zona dan 5 zona dengan pilihan 1 hari, 2 hari, 3 hari dan 5 hari. Harga Paris visite card sebagai berikut :


Harga Paris Visite Card ini mahal makanya kurang suka, apalagi kalau tinggal di Paris selama seminggu dijamin tewas kantongnya. Kenapa mahal, ini karena pemegang Paris Visite Card punya kelebihan dapet diskon di beberapa tempat. Kalau mau ke tempat seperti di bawah ini mungkin dipertimbangkan pake card ini, kalau engga, ya good bye paris visite card. 


  • Arc de Triomphe: 20% off
  • Conciergerie: 20% off entrance
  • Dali’s Universe Museum: 6€ instead of 11€
  • Army Museum/Invalides: 20% off entrance to permanent collection
  • Bateaux Parisiens: 25% off cruise of Seine river
  • Open Tours: 25€ instead of 29€
  • Chateau de Fontainebleau: 2€ off entrance
  • Disneyland Resort Paris: Discount No Longer Available
  • France Miniature: 30% off entrance
  • Grevin museum: 30% off entrance
  • Provins: 7,50€ entry instead of 11,40€ on adult price to visit 4 monuments around the UNESCO world heritage site medieval city
  • Tour Montparnasse: 30% off entrance
  • Shopping at Galeries Lafayette: 10% off + 1 free bag with minimum 40€ purchase

5.  Navigo Découverte : selama tinggal di Paris saya pake kartu ini. Alasannya murah, simpel dan personal. Kebanyakan penduduk Paris juga menggunakan ini. Beberapa traveller mengaku kesulitan membeli ini karena dipersulit oleh staf karena dikatakan bahwa pass ini hanya diperuntukkan untuk penduduk Paris. Wrong dan jangan mau ditipu. Pass ini diperuntukkan baik penduduk maupun non penduduk Paris. Berdasarkan keputusan per Januari 2014 yang dikutip dari http://www.navigo.fr/titres/le-forfait-navigo-semaine-presentation/#forfaits-navigo , Navigo pass dapat digunakan untuk all travellers tanpa kecuali seperti penjelasan sbb : Elle est ouverte à tous (Franciliens et non Franciliens) says that “the card is open to all, residents of Ile-de-France or not. Jadi tunjukkan bukti ini jika dipersulit.


Saya pribadi tidak dipersulit untuk mendapatkan card ini dan bahkan less than 10 minutes sudah jadi. Tapi kalau dipersulit udah siap - siap nunjukkin bukti peraturan di atas ke stafnya. Tiket ini bisa dibeli di ticket window di station di Paris. Saya membeli di Paris Gare du Nord Station, tinggal tanya ke informasi dimana letak ticket windownya. Hal yang perlu dipersiapkan untuk membeli pass ini adalah pas foto berwarna ukuran lebih kecil dari foto passpor (kurang lebih 2x3 cm), kalau tidak bawa nanti disana bisa foto namun dikenakan biaya tambahan lagi 5 euro dan lebih lama pastinya. Jadi untuk memangkas waktu dan uang saya sudah bawa dari Indonesia. Navigo pass ini cocok untuk yang tinggal di Paris at least seminggu dan datang pada hari Senin atau Selasa, karena card ini hanya valid untuk seminggu (berakhir pada hari Minggunya). Jadi,kalau datangnya Sabtu saya tidak rekomendasikan untuk memakai kartu ini karena rugi dan pastinya sudah habis karena yang djual biasanya untuk minggu berikutnya. Harga Navigo card ini adalah 22,5 euro plus 5 euro untuk kartu awal, sehingga kalau kita sudah pernah punya kartunya bisa diisi ulang hanya 22,5 euro saja dan berlaku seminggu untuk zona 1 - 5. Karena harganya lebih murah dan mencakup zona 1 - 5, saya lebih prefer pakai ini. 

Navigo Découverte pass

Karena dateng di Paris via darat (alias lewat station) dan tiba di Paris Gare du Nord, jadi pasti ada beberapa hal yang berbeda untuk sampai ke city centre kalau via udara.  Paris punya dua bandara , Orly Airport dan Charless de Gaulle Airport tapi saya akan hanya bahas dari Charless de Gaulle airport karena memang most of international flights akan mendarat disini. Cara tercepat menuju city centre dari Charless de Gaulle airport lagi - lagi memang pake metro (RER). Jalur RER yang dipakai yaitu RER line B (BIRU) (lihat peta Metro Paris). Train ini akan berhenti pada terminal 2 dan 3 airport (terminal 2 ada beberapa subterminal tetapi semuanya connected via shuttle bus N1,N2,N3 gratis). Jika kita datang di terminal 1, maka ambil shuttle train menuju terminal 3 dimana terminal ini merupakan terminal termudah untuk naik RER LINE B. Tiket bisa dibeli dari booth ticket yang warnanya BIRU bukan kuning. Harga tiket 9,25 euro one way dan perjalanan akan ditempuh dalam waktu 50 menit. RER B yang kita naik harus menuju directon ke Robinson (perhatikan lagi - lagi map metronya) jangan sampai kebalik arahnya. 




2 comments:

  1. Hallo mbak, salam kenal

    Informatif sekali tulisannya, kebetulan 24 Desember nanti saya akan ke Paris sampai 30 Desember, mungkin saya juga prefer Navigo Card, lebih praktis dan tentunya hemat hehe

    Yang mau saya tanyakan kebetulan 24 Desember itu hari Minggu, jadi masa berlaku Navigo Card nya full sampai Minggu berikutnya ya 31 Desember? Takutnya kalau saya belinya hari Minggu hanya bisa untuk satu hari itu saja, karena hitungan masa berlaku weekly Navigo Card sampai Minggu. Atau untuk amannya beli hari Senin nya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Saya bantu jawab ya ka. Kalau belinya Kamis malam sampai Minggu itu berlaku untuk Senin depannya dan tidak bisa dipakai langsung.

    ReplyDelete